Kamis, 01 Oktober 2009

Pembacaan Ikrar Di Upacara Haari Kesaktian Pancasila

Tidak ada pembacaan naskah pidato dalam upacara hari peringatan kesaktian pancasila di alun-alun Kota Lamongan kemarin (1/10). Namun diganti dengan pembacaan naskah ikrar kesetiaan terhadap pancasila Ketua DPR RI Agung Laksono yang dibacakan Pimpinan DPRD Lamongan Makin Abbas. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Lamongan Masfuk.

Berlangsung sederhana dan khidmat, pembacaan ikrar kesetiaan terhadap pancasila itu dilakukan seusai pembacaan naskah pancasila dan pembukaan UUD 1945 oleh petugas upacara. Tidak ada pembacaan naskah pidato maupun pelantunan lagu nasional dalam upacara tersebut.

Naskah ikrar itu sendiri menyatakan kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan amalkan nilai-nilai pancasila. “Upaya menggulingkan pancasila sebagai ideologi Negara sudah terjadi sejak merdeka baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kami nyatakan kebulatan tekad untuk pertahankan dan amalkan nilai-nilai pancasila untuk menegakkan kebenaran dan keadilan bagi keutuhan Negara dan bangsa Indonesia, “ kata Makin Abbas saat bacakan naskah tersebut.

Tidak ada komentar: