Rabu, 06 Oktober 2010

4 Pendonor Bakal Dapat Satya Lencana

Empat orang donor darah sukarela (DDS) akan dianugerahi oleh Presiden RI Susuilo Bambang Yudhyono. Penghargaan tersebut diberikan pada DDS yang telah mendonmorkan darahnya sebanyak 100 kali atau lebih.

Kepastian tersebut disampaikan Ketua PMI cabang Kabupaten Lamongan Sudjiman di Pendopo Lokatantra setempat, Rabu (23/9) saat peringatan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) ke 65. Kegiatan yang dibuka Bupati Fadeli itu ujuga dihadiri Ketua PMI Jatim Subagyo S W. Empat orang penerima penghargaan itu adalah Hery Suprijatno, Ahmad Saudin, Djoko Umbar dan Imam Hidayat.

Selain penghargaan Satya Lencana Kebaktyian Sosial, dua orang DDS Lamongan juga akan menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Soekarwo karena telah mendonorkan darahnya sebanyak 75 kali. Mereka adalah Kaswaji dan M Sholeh. Sementara untuk pernghargaan bagi DDS yang mendonorkan darahnya 50 kali atau kurang, pagi itu menerima penghargaan dari Bupati Fadeli. “Penghargaan bagi pendonor ini adalah wujud apresiasi atas sumbangsih yang telah diberikan secara sukarela, “ ujar Sudjiman.

Dalam rangka memperingati HUT PMI itu, PMI cabang Kabupaten Lamongan membagikan sebanyak 500 paket sembako kepada warga kurang mampu di Kabupaten Lamongan dan sekitarnya. Dengan rincian, 300 paket di bagikan di Pendopo Lokatantra secara simbolis oleh Fadeli dan 200 paket lainnya dibagikan di Kecamatan Deket. Adapun warga Deket yang menerima bantuan sembako antara lain; Desa Deket Kulon, Deket Wetan, Rejosari, dan Sugih Waras.

Ketua PMI Provinsi Jawa Timur, H. Subagyo SW, mengatakan, untuk memperingati HUT PMI yang ke-65, PMI cabang Kabupaten Lamongan menggelar Bhakti Sosial (Baksos) dalam bentuk pemberian paket sembako sebanyak 500 bertempat di Pendopo dan Kecamatan Deket kepada warga Lamongan dan sekitarnya yang kurang mampu.

Di Kecamatan Deket, paket sembako secara simbolis di serahkan oleh Wakil Bupati Amar, Camat Deket Dianto Haribowo beserta Muspika setempat dan Ketua pengurus PMI Provinsi serta Cabang Lamongan. Bupati Fadeli sendiri saat di Pendopo Lokatantra berharap agar PMI mengintensifkan sosialisasi kegiatan donor darah di Lamongan.

“Masyarakat nampaknya belum terlalu faham dengan manfaat kesehatan dari kegiatan donor darah. Selama ini, dari sekitar 600 kantor kebutuhan darah di Lamongan baru sekitar setengahnya yang bias dipenuhi dari kegiatan pengadaan sendiri. Karena itu sosialisasi perlu lebih diintensifkan,“ ujarnya.

Tidak ada komentar: