Rabu, 06 Oktober 2010

Paguyupan Sukses Sembuhkan Penderita TB

Pembentukan paguyupan bagi penderita tuber culosis atau TB terbukti efektif membantu proses penyembuhan penyakitnya. Seperti paguyupan TB yang dibentuk Puskesmas Mantup. Dengan adanya paguyupan tersebut proses kesembuhan pasien lebih terjamin. Karena pengobatan penyakit batuk menahun ini memerlukan pengobatan secara rutin tanpa putus.

Seperti disampaikan Kepala UPT Puskesma Mantup dr Taufik, sampai saat ini ada sekitar 200 anggota paguyupan TB di Puskesmas Mantup. Namun jumlah ini fluktuatif karena factor sembuhnya anggota paguyupan. Ditambahkan olehnya, setiap bulan setidaknya ada sekitar 20 pasien TBC yang berhasil ditemukan oleh Puskesmas Mantup.

“Penyakit TB merupakan batuk menahun yang menyerang paru-paru akibat serangan virus. Penyakit ini dapat disembuhkan selama pasien mau mengkonsumsi obat TB secara rutin dan tanpa putus selama berbulan-bulan. Peran paguyupan sangat penting untuk menjaga agar si pasien jangan sampai putus minum obat hingg aembuh sama sekali dari TB, “ ujarnya.

Puskesmas yang ditetapkan Gubernur Jatim sebagai unit pelayanan percontohan di Jatim pada tahun 2008 tersebut juga memiliki program bedah rumah untuk pasien miskin. Sampai saat ini sudah ada pasien yang benar-benar miskin yang rumahnya telah dibedah oleh Puskesmas Mantup. Dananya sendiri berasal dari sumbangan pasien yang mampu serta zakat dari staf di Puskesmas Mantup.

Oleh Bupati Fadeli sendiri, meski berada di pinggiran, manajemen puskesmas ini disebut yang terbaik di Lamongan. Terbukti dengan diraihnya ISO 9001:2000. Fasilitas unggulan di UPT Puskesmas Mantup diantaranya layanan UGD 24 jam yang telah memiliki pelayanan rawat darurat, pelayanan operasi kecil, penanganan kecelakaan dan pelayanan rawat inap. UPT ini juga telah memiliki laboratorium lengkap, alat rekam jantung dan apotik sendiri.

Tidak ada komentar: