Selasa, 19 Oktober 2010

Nina Soekarwo Launching Mobil Hijau

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Jawa Timur Nina Soekarwo, Kamis pagi (7/10) melakukan peluncuran perdana mobil hijau dan operasional mobil pintar di SDN Jetis III Lamongan.

Mobil hijau sendiri adalah konsep yang dicetuskan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono sebagai upaya pencegahan pemanasan global dan perubahan iklim.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua TPPKK Jatim Fatma Saifullah Yusuf bersama Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Jatim Masruri serta Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Alam Setdaprov Jatim Jogy Hendryadi. Sementara Pemkab Lamongan diwakili Wakil Bupati Amar Saifudin bersama Ketua TPPKK Lamongan Mahdumah Fadeli dan wakilnya Nurul Hidayati Amar Saifudin.

Dijelaskan Nina Soekarwo, keberadaan mobil hijau tersebut dimaksudkan agar masyarakat bisa berpartisipasi dan berperan aktif dalam pelestarian lingkungan. Karena mobil hijau itu nantinya berkeliling untuk memberikan penyuluhan pentingnya pencegahan pemanasan global. Yakni dilakukan dengan cara pemberian informasi pentingnya kegiatan menanam dan memelihara pohon serta sejumlah kegiatan edukatif dan interaktif. “Diharapkan lewat mobil hijau ini bisa menumbuhkan perilaku ramah dan cinta pada lingkungan. Baik di kalangan pelajar maupun masyarakat umumnya, “ ujarnya.

“Mobil hijau ini pada akhirnya nanti bertujuan untuk mengajak masyarakat berperan aktif mensukseskan dan memecahkan permasalahan lingkungan dengan konsep bola salju, “ imbuh dia. Nina Soekarwo menyebutkan, sukses Lamongan meraih Adipura empat kali berturut-turut menunjukkan pengelolaan sampahnya sudah bagus. Konsep pengelolaan sampah 3R yaitu reduce, reuse dan recycle juga akan disuluhkan melalui mobil hijau.

Peluncuran perdana mobil hijau itu ditandai dengan pemecahan kendi oleh Nina Soekarwo. Dia kemudian menunjukkan sejumlah fasilitas penyuluhan yang ada di mobil yang memang di cat hijau itu. Seperti alat peraga edukatif permainan ular tangga dengan kolom-kolom terkait permasalahn lingkungan. Setelah itu, bersama rombongan dia juga melihat pameran makanan 3B (bergizi, berimbang dan beragam) di pelataran SDN Jetis III. “Saya harap kampanye ASI eksklusif terus digalakkan. Karena bukan hanya akan membuat bayi lebih cerdas (intelegent quotient/IQ), namun juga mempererat hubungan emosional dengan orang tua (emotional quotient/EQ) dan meningkatkan kecerdasan spiritual (spiritual quotient/SQ), “ ucapnya.

Terkait program lingkungan di Lamongan, Mahdumah Fadeli mengungkapkan TPPKK telah mempelopori gerakan perempuan menanam dan pelihara pohon. Selain itu, juga telah memberikan pelatihan composting dengan keranjang takakura untuk pemberdayaan ibu-ibu rumah tangga serta sebagai salah satu solusi penanganan sampah di Lamongan. Menurut keterangan Nina Soekarwo Provinsi Jatim memperoleh tiga unit mobil hijau. Satu unit dikelola Pacitan dan dua unit lainnya dikelola TPPKK Jatim.

Tidak ada komentar: