Rabu, 06 Oktober 2010

Raih Juara Umum Partnership Road Safety Action

Masih seumur jagung di bawah kepemimpinan Bupati Fadeli, Lamongan tahun ini meraih peghargaan dari Gubernur Jatim sebagai juara umum lomba Partnership Road Safety Action Gubernur Award 2010. Penghargaan tersebut,

Selasa (28/9) diserahkan oleh Wagub Jatim Saifullah Yusuf di Mapolda Jatim.

Turut hadir dalam penyerahan juara tersebut, Kapolda Jatim Irjen Pol Badrodin Haiti serta Irjen Pol Djoko Susilo, Kepala Korps Lantas Polri. Juara umum tersebut diraih Lamongan karena meraih penghargaan di sejumlah kategori yang dilombakan. Yakni juara 2 Keberlanjutan Partnership Inovasi Penanganan Kecelakaan (laka). Kemudian pada kategori Keberlanjutan Partnership Penanganan Daerah Rawan Laka meraih juara pertama dan juara kedua untuk Partnership Aksi Operasi Ketupat Semeru 2010.

Lomba ini adalah terobosan dari Direktorat Lantas Polda Jatim untuk menekan angka laka lantas. Kegiatan ini melibatkan jajaran polisi, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan sejumlah instansi terkait tingkat kabupaten/kota se Jatim. Bukan hanya program inovatif masing-masing daerah yang dinilai, namun terkait aksi nyata untuk menurunkan jumlah laka lantas.

“Penghargaan yang diraih ini tidak lepas dari inovasi jajaran Polres Lamongan dalam menekan angka laka lantas. Selama ini laka lantas sering dikaitkan hanya dengan tugas polisi di jalan raya. Padahal ada banyak faktor yang memicu kecelakaan di jalan raya, “ ujar Plt Kabag Humas dan Infokom sesuai mendampingi di Mapolda Jatim.

Karena itu, lanjutnya, Pemkab Lamongan melalui sejumlah satuan kerja mengintensifkan identifikasi dan pengawasan daerah rawan laka atau black spot area. “Selain itu, masing-masing satker telah memiliki prosedur standar operasi dalam penanganan kasus di jalan raya sesuai bidangnya. Seperti rumah sakit, dinas kesehatan dan dinas perhubungan, “ papar dia.

Fadeli sendiri menyampaikan penghargaan tersebut juga tidak lepas dari kesigapan jajaran Polres Lamongan. Selain itu tingkat disiplin berlalulintas masyarakat Lamongan yang meningkat juga turut mengantarkan diraihnya penghargaan itu. “Karena itu penghargaan ini selayaknya menjadi penghargaan semua elemen masyarakat Lamongan, “ kata dia.

Tidak ada komentar: