Selasa, 19 Oktober 2010

Harus Proporsional Pada Pemerintah

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin, Sabtu pagi (16/10) meresmikan Gedung Pendidikan Muhammadiyah di Ranting Brangsi Kecamatan Laren. Gedung yang didalamnya berdiri sekolah dasar hingga sekolah mengah atas itu diresmikannya seusai menghadiri Pegajian Akbar dan Silaturrahmi warga Muhamamdiyah Cabang Laren di lapangan Desa Brangsi.

Hadir pula dalam pengajian akbar tersebut Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim Syafiq A Mughni yang juga Pimpina Pusat Muhammadiyah bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lamongan Mustofa Nur. Sementara Bupati Fadeli bersama Wabup Amar Saifudin dan plt Sekkab Nurroso terlihat pula dalam pengajian akbar tersebut.

Saat memberikan ceramah, Din Syamsudin menyampaikan posisi Muhammadiyah terhadap pemerintah haruslah proporsional. Artinya, kata dia, kalau pemerintah baik dan benar harus didukung. Sementara jika (pemerintah) tidak baik dan benar, Muhammadiyah harus tidak segan-segan tampil sebagai pengkoreksi.

“Muhammadiyah siap bekerja sama dengan siapa saja, termasuk pemerintah. Karena Muhammadiyah tidak akan pernah lelah untuk memajukan bangsa, “ ujarnya. Din juga menyebut Ranting Muhammadiyah Brangsi yang bisa mendirikan lembaga pendidikan hingga tingkat SMA sebagi contoh nyata kegairahan Muhammadiyah dalam beramal. Karena dalam skala ranting yang berada di desa sanggup mendirikan amal usaha untuk memajukan umat.

Din kemudian menyebutkan ada tiga hal yang menjadi kekuatan Muhammadiyah selama ini. Yang pertama, urai dia, adalah menjelmakan iman dalam amal. “Iman itu tidak hanya ada dalam jiwa, namun dijelmakan dalam amalan. Dorongan dalam beramal inilah yang melahirkan begitu banyak amal usaha Muhammadiyah. Selanjutnya yang menjadi kekuatan Muhammadiyah adalah ikhlas dalam bermuhammadiyah. Karena ada begitu banyak ujian dan cobaan yang menyertai, “ tutur dia.

Dia juga menyebut semangat kegairahan dalam memajukan agama juga menjadi salah satu kekuatan Muhammadiyah. Dia kemudian mencontohkan kegairahan ibu-ibu Aisyiyah di Ponorogo yang mendirikan organisasi Himpunan Janda Muslimah (HJM). Organisasi itu kini telah memiliki 700 anggota yanng telah diberdayakan dengan sejumlah kegiatan. Kemudian dia juga mencontohkan Ranting Muhammdiyah di Muntilan/Magelang yang dengan semangatnya mampu mendirikan Rumah Bersalin. “Saya berharap suatu saat nanti akan meresmikan lembaga kesehatan yang didirikan oleh Ranting Brangsi, “ ujarnya memberi semangat.

Di kesempatan itu, Din Syamsudin juga sempat memberikan selamat pada Fadeli dan Amar Saifudin yang telah dialntik menjadi bupati dan wakil bupati Lamongan. “Dalam sekian kali kunjungan saya ke daerah, baru kali ini didampingi langsung oleh bupati dan wakil bupatinya. Semoga kebersamaan ini berlangsung untuk seterusnya, “ kata dia.

Fadeli sendiri menyebut Muhammadyah dalam tempo satu abad, telah menjadi organisasi kemasyarakatan yang bergerak di barisan terdepan dalam meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan amal sosial. Ratusan sekolah, rumah sakit, panti asuhan dan lembaga-lembaga ke-Islam-an telah didirikan oleh Muhammadiyah di seluruh tanah air termasuk di Lamongan.”Gerakan tajdid Muhammadyah telah membawa pencerahan dan pembaharuan serta kekajuan pemikiran umat Islam, “ ujar Fadeli dalam sambutannya.

Tidak ada komentar: