Kamis, 13 Agustus 2009

Pramuka Bangkitkan Semangat Kebangsaan

Menurut Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramukan Kabupaten Lamongan Fadeli, sejarah mencatat gerakan pramuka mempunyai peranan yang besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Itu dikatakannya saat buka Jambore Ranting, Kwartir Ranting Kecamatan Laren kemarin di Bumi perkemahan Pelangwot/Laren.

Di masa-masa awal kehidupan berbangsa dan bernegara, ungkap Fadeli, para anggota pramuka yang tergabung dalam organisasi kepanduan mampu bangkitkan semangat kebangsaan dan nasionalisme kepada negeri. Disampaikannya, anggota pramuka di masa itu juga berperan dalam menggalang persatuan.

“Masa-masa itu sudah kita lalui, sekarang kita menghadapi tantangan untuk mejadikan anggota gerakan pramuka menjadi kader pemimpin bangsa yang tangguh di masa mendatang. Generasi semacam inilah yang diharapkan akan menmbawa negeri ini menjadi lebih baik dan maju lagi, “ tutur dia.

Kegiatan perkemahan yang digelar tersebut, kata Fadeli, adalah bagian dari upaya pembinaan generasi bangsa. Dengan kegiatan perkemahan itu diharapkan akan terjalin rasa persatuan dan kesatuan, kemandirian serta jiwa kepemimpianan yang akan bermanfaat di masa mendatang.

Jambore Rantir Kwarran Laren itu sendiri diikuti sejumlah 31 regu dari 17 gugus depan (gudep) Gerakan Pramuka di Laren. Yakni terdiri dari 15 regu penggalang putra dan 16 regu penggalang putri. Perkemahan itu akan berlangsung hingga Kamis mendatang.

Tidak ada komentar: