Kamis, 21 Januari 2010

KPUK Selesaikan Tahapan Pelantikan PPS

Setelah akhir Desember tahun lalu melantik Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK, kemarin (19/1) KPUK Lamongan melantik 1.422 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan di GOR setempat. Masing-masing desa/kelurahan yang berjumlah 474 di Lamongan akan diisi tiga orang PPS.
Prosesi Pengambilan Sumpah/Janji PPS tersebut dipimpin Ketua KPUK setempat Khoirul Huda. Berbeda dengan Pilpres lalu, penentuan anggota PPS dalam Pemilukada 2010 ini melalui proses seleksi tes tulis dan wawancara. Tes tulis dilangsungkan pada 9 Januari dan tes wawancaranya dilakukan pada 12 Januari kemarin. Selanjutnya tinggal pembentukan Paswaslu yang menunggu proses fit and proper test oleh Bawas

Selain itu, dalam pelaksanaan tugasnya nanti, PPS akan melaksanakan tugas tambahan yang tidak sama dengan tugas PPS sebelumnya. Yakni melakukan validasi dan verifikasi data pendukung bagi calon perseorangan.

Sementara Wakil Bupati Lamongan Tsalits Fahami dalam sambutannya menyampaikan sejumlah harapan. Diantaranya agar PPS yang baru diambil sumpahnya tersebut agar jangan melakukan upaya-upaya pembenaran atas niatan yang tidak baik. Hal-hal seperti itu, kata dia akan semakin menyulitkan keadaan karena beban tugas yang diemban adalah amanah yang harus dijalani.

“Marilah kita renungkan bahwa pelaksanaan Pemilukada adalah momen strategis dalam rangka membangun Kabupaten Lamongan. Karena itu kita tidak boleh ceroboh dan main-main. Di pundak anggota PPSlah bersama komponen lainnya sukses Pemilukada akan ditentukan. Atas nama masyarakat, Pemkab Lamongan akan memberikan dukungan penuh bagi suksesnya Pemilukada yang demokratis, langsung, umum, bebas, rahasiam jujur dan adil, “ tegasnya waktu itu.

Tidak ada komentar: