Jumat, 08 Januari 2010

Rakercab, Agendakan Pelatihan Brigade Penolong

Rabu pagi (6/1) di Sanggar Pramuka Lamongan, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) setempat mengadakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2010. Salah satu usulan kegiatan dalam rapat tersebut adalah melakukan kegiatan pelatihan Brigade Penolong. Birigade tersebut di kepramukaan bertugas mengkoordinir para relawan pramuka untuk aktif dalam kegiatan tanggap bencana.

Selain Pelatihan Brigade Penolong, dalam Rakercab tersebut juga diusulkan sejumlah 19 kegiatan internal yang akan dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwarcab Lamongan. Rakercab itu sendiri dibuka Kakwarcab Gerakan Pramuka Lamongan Fadeli di tempat yang sama.

Dalam evaluasi pelaksanaan program 2009, Fadeli menyampaikan semua program telah terlaksana dengan baik. Dikatakannya, jika ada kekurangan itu akan menjadi bahan evaluasi untuk menjadi lebih baik lagi di tahun 2010. Salah satu evaluasi yang disampaikannya adalah perlunya gerakan menghumaskan pramuka untuk meningkatkan citra pramuka di masyarakat. “Hal ini akan membantu program pemerintah danmengarahkan pemuda dan remaja untuk berkegiatan, “ ujarnya.

Sementara terkait kurangnya sarana dan prasarana memang dialami hamper semua Kwartir Ranting atau Kwarran. Seperti ketersediaan Bumi Perkemahan, Kantor Kwartir dan tempat latihan tertutup maupun terbuka. Namun dia berharap kekurangan itu tidak mengurangi motivasi berkegiatan. Bahkan justru menumbuhkan kreatifitas dan inovasi.

Lebih lanjut disampaikannya, revitalisasi gerakan pramuka semakin menampakkan hasilnya. Hal itu ditunjukkan dengan gairah kegiatan pramuka yang semakin meningkat lewat naiknya kuantitas dan kualitas kegiatan. “Sebelumnya pramuka hanya dianggap sebagai kegiatan bertepuk dan bernyanyi. Karena itu kedepan gerakan pramuka diarahkna pada kegiatan yang berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi, “ kata dia.

Orientasi tersebut menurut Fadeli penting diwujudkan agar pramuka semakin menarik untuk generasi muda dan sekaligus bisa dirasakan manfaatnya. Dia juga menyampaikan tugas pramuka kedepan tidak ringan, bahkan akan semakin penuh dengan tantangan. “Karena itu cara melatih pramuka saat ini tidak sama dengan cara melatih pada masa 10 atau 20 tahun lalu. Pelatihan harus semakin sering dilakukan untuk menjawab tantangan zaman ini, “ pungkas dia dalm kegiatan yang diikuti sekitar 100 peserta dari seluruh Kwarran di Lamongan tersebut.

Tidak ada komentar: