Kamis, 05 Maret 2009

Enam Kades Dilantik

Sejumlah enam kepala desa (Kades) dari lima kecamatan, Rabu pagi (4/3) dilantik Bupati Lamongan di Pendopo Lokatantra setempat. Seperti sudah menjadi kebiasaan, bukan hanya Kades dan Camat setempat yang menghadiri pelantikan. Meski hanya enam Kades yang dilantik, keluarga dan pendukung Kades terpilih sudah memenuhi ruang pendopo sejak pagi hari.

Enam Kades hasil pemilihan pada Januari dan Februari lalu itu masingimasing adalah Kades Glagah/Glagah Abdul Qohar, Kades Karangangung/Glagah M Mustaqim dan Kades Sugihwaras/Deket A Rofiq. Selanjutnya Kades Jugo/Sekaran Masyhur, Kades Brumbun/Maduran Syafi’i serta Kades Sogo dari Kecamatan Babat Sriyanto.

Masfuk dalam sambutannya menuturkan pentingnya bagi Kades terpilih agar bisa mengajak semua masyarakat di desanya untuk turut dalam pembangunan. Lebih baik lagi jika mampu berinovasi dan berkreasi memajukan perekonomian desanya dengan membangkitkan kekhasan ekonomi desa tersebut.

Sementara terkait banjir yang melanda Lamongan akhir-akhir ini, Masfuk meminta agar masyarakat tidak menyerah dengan kondisi tersebut. Menurut dia, kondisi alam Lamongan yang seperti baskom memang mudah terkena banjir begitu air di Bengawan Solo naik. Sebagian besar rumah penduduk yang kebanjiran memang berada di sekitar bantaran sungai Bengawan Solo. “Tetap jangan lupakan etos masyarakat Lamongan yang pekerja keras. Ditambah dengan upaya inovatif dan kreatifitas Lamongan pasti bisa terus maju, “ tutur dia.

Dari lima pilkades itu, dua diantaranya mengusung calon tunggal yakni di Desa Brumbun/Maduran dan Desa Sogo/Babat. Meski melawan calon tunggal, tidak serta merta calonnya melenggang mulus. Seperti hasil pilkades Sogo, dari 1.471 hak pilih, 778 orang memilih Sriyanto dan 389 orang memilih bumbung kosong (calon kosong) sementara sisa suaranya tidak digunakan dan tidak sah.

Hak pilih paling rendah di Desa Karangangung/Glagah dengan 781 hak pilih. Di desa ini bertarung dua calon yang dimenangkan M Mustaqim dengan 458 suara untuknya dan 260 suara untuk Kholil. Sementara hak pilih terbanyak berada di Desa Glagah/Glagah dengan 2.151 orang yang memiliki hak pilih. Suara di desa ini juga diperebutkan dua calon. Sejumlah 1.251 orang memilih Abdul Qohar, sedangkan 401 memilih Adi Santoso.

Tidak ada komentar: