Rabu, 03 Desember 2008

Giliran Gerakan Perempuan Tanam 90 Ribu Pohon

Kali ini giliran kaum perempuan yang melakukan kegiatan peduli lingkungan hidup dengan menggelar Gerakan Perempuan Tebar, Tanam dan Pelihara Pohon 2008 yang dipusatkan di Telaga Bandung Kecamatan Lamongan, Senin (1/12). Selain melakukan penanaman sekitar 90 ribu batang pohon, gerakan yang dibuka  Ketua Tim Penggerak PKK Endang Ridjanti Masfuk tersebut juga dilakukan penebaran 60 ribu bibit ikan pelepasan burung ke alam bebas.
    Dalam sambutanya Endang mengatakan, degradasi, deforestastasi hutan dan lahan, serta kerusakan lingkungan lainnya mengakibatkan penurunan produktifitas alam dan kelestarian lingkungan.  Begitupun dampak negatif akan penurunan  ketahanan pangan utamanya untuk keluarga. Karena kondisi lingkungan di lamongan perlu perhatian lebih khusus terlebihdi Kabupaten Lamongan masih ada lahan kritis, hutan gundul, dan adanya kekurangan pangan, ungkapnya
    Even ini merupakan kepedulian dan dukungan kaum perempuan Kabupaten Lamongan akan kelestarian lingkungan sekaligus realisasi dan apresiasi terhadap penghargaan yang diterima Indonesia melalui program United Nation Environment Programm ( UNEP ) yang diterima ibu negara Ani  Bambang Yudhoyono pada tanggal 5 Juni 2008 lalu.
    Menurut Endang melalui gerakan tanam pohon ini  diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat Lamongan agar lebih perduli  pada lingkungan, dengan melakukan penanaman pada lahan-lahan kosong sehingga  dimasa depan tidak terjadi longsor dan banjir.karena merupakan tanggung jawab bersama baik itu masyarakat dan pemerintah untuk menjaga kelestarian alam sekitar.
     Manfaat yang dapat dipetik dari melakukan penanaman pohon yaitu dapat menciptakan cadangan karbon C, pohon dapat menghasilkan Oksigen atau O2, mampu mengimbangi, perubahan musim/iklim  sehingga mencegah kondisi ekstrim kemarau panjang atau kebalikannya  hujan terus-menerus, mencegah  erosi, banjir, serta mampu menyerap limpahan air di permukaan, dan sebagai pengendali angin serta peredam kebisingan,  jelas Endang.
    Setelah menanam di Telaga Bandung  Endang juga menanam di SMKN 2  dan Paviliun Rumah Sakit Daerah dr. Soegiri Lamongan. Menurut Ketua Dharma Wanita Persatuan Lamongan Mahdumah Fadeli, jumlah bibit pohon yang ditanam pada Gerakan Perempuan Tebar, Tanam dan Pelihara Pohon kali ini sejumlah 89 ribu batang pohon. Dari jumlah tersebut, 4 ribu batang pohon merupakan sumbangan dari Perhutani, sementara 85 ribu batang pohon lainnya dari Balai Besar Pengelola DAS Bengawan Solo. Bibit pohon yang akan ditanam di seluruh wilayah Lamongan tersebut diantaranya Mahoni, Jati, Glodokan, Tanjung, Melinjo dan Mangga. Gerakan tersebut juga melibatkan Persit Kartika Candra Kirana, hyangkari,  Dharma Yukti dan Dharma Karini.

Tidak ada komentar: