Senin, 22 Desember 2008

Antrian Panjang Penerima PKH

Masyarakat 17 Kecamatan di Kabupaten Lamongan menerima kucuran Program PKH/ program keluarga harapan tahap II. Sejumlah 29.891 RTM/ rumah tangga miskin akan menerima alokasi PKH paling lambat tanggakl 14 Desember ini. Sementara masyarakat Kecamatan Turi mengantri di Kantor Pos Cab Lamongan (11/12). Kepala Kantor Pos Cab Lamongan Iwan Andri melalui Kabag Humas dan Protokol Drs. Aris Wibawa, MM mengatakan, program PKH ini diperuntukkan bagi keluarga miskin yang memiliki anak didik di tingkat Sd dan SMP, selain itu dukungan bagi keluarga miskin yang sedang hamil, nifas, dan menyusui.

Menurut Aris, program nasional ini melibatkan unsur seperti Bappeda, Dinas KB dan Kesos, Lsm, serta kantor pos dalam pendistribusianya di Kecamatan. Sedangkan 17 Kecamatan di kabupaten Lamongan yaitu, Kecamatan sarirejo, Turi, Deket, Kembangbahu, Bluluk, Laren, babat, Modo, Ngimbang, Karangbinangun, Sukodadi, Pucuk, Kali Tengah, Kedungpring, Paciran, Brondong, dan Kecamtan Sugio.

” Dana keseluruhan untuk 17 Kecamatan tersebut senilai Rp.11.225.801.000,- untuk tahap kedua ini. Sementara realisasi program nasional ini rencananya sampai tahun 2015. karena diharapakan, setiap tahunnya jumlah keluarga penerima program PKH ini semakin berkurang. Dan tahun 2015 nanti diharapakan sudah tidak ada lagi keluarga miskin yang membutuhkan bantuan PKH,” ungkap Aris. Besaran PKH sendiri dimulai dari Rp. 200.000,- untuk RTSM yang memiliki anak sekolah SD, Rp.333.000,- untuk RTM yang terdapat ibu hamil, Rp.467.000,-keluarga yang memiliki anak didik SD, serta SMP, Rp.600.000,- untuk RTM yang terdapat ibu hamil dan anak sekolah tingkat SMP, serta Rp.733.000,- untuk RTM yang terdapat ibu hamil yang memiliki anak usia SD, SMP.

Adapun PKH sendiri diberikan sebanyak tiga kali setahun atau empat bulan sekali, guna membantu pengeluaran pendidikan dan untuk ibu, hamil dan menyusui. Sedangkan RTSM yang tidak memiliki klasifikasi seperti memiliki anak sekolah SD, SMP, Ibu hamil, Menyusui atau nifas tidak berhak menerima program PKH. Karena program ini sedianya membantu anak sekolah dan paket ibu hamil dan menyusui. Lebih lanjut Aris mengatakan, program PKH tahap II ini dijadwalkan tuntas pada 14 Desember ini. Sedangkan pendistribusian untuk Kecamatan lain akan melalui Kantor Pos cabang Kecamatan masing-masing.

Tidak ada komentar: