Senin, 01 Desember 2008

Tanam 248 Ribu Batang Pohon Penghijaun

Puncak hari menanam Pohon Indonesia di Lamongan kemarin (Jum'at, 28/11) dipusatkan Waduk Desa Jotosanur Kecamatan Tikung. Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Lamongan tersebut ditandai dengan pemberian/penyerahan sejumlah 248 ribu batang pohon kepada Ketua Tim Penggerak PKK Endang Rijanti Masfuk, Camat Tikung Suwignyo, perwakilan Kolila ( Komite Peduli Lingkungan Hidup Lamongan ) Khoirul Huda dan tokoh masyarakat setempat.
Kegiatan yang merupakan bagian dari gerakan menanam 79 juta pohon yang dicanangkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut juga melibatkan sekitar 1000 orang dari berbagai unsur masyarakat. Mulai dari siswa sekolah, anggota kepolisian resort Lamongan dan Kodim 0812 Lamongan. Bibit pohon tersebut terdiri dari bibit jati, tanjung, trembesi, melinjo, mangga, sukun, keben, glodokan dan sawo kecik. Gerakan ini akan terus digalakkan hingga ke desa-desa,  terang Kedinas Pertanian dan Kehutanan Lamongan Dojoko Purwanto dalam laporannya.
Sementara Bupati Masfuk dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada masyarakat agar turut menjaga bibit pohon yang telah ditanam. Alam ini adalah harta karun kita, pemberian Allah SWT. Jadi ini bukan hanya tugas pemerintah saja, namun ini juga tugas kita semua. Jangan sampai pohon yang sudah ditanam ini dijadikan pakan ternak. Mulai hari ini, kita biasakan untuk melakukan penanaman,  tutur putera asli Lamongan itu.
Pada kesempatan sebelumnya, Masfuk saat membacakan sambutan Menteri Kehutanan MS Kaban menyampaikan pentingnya menjadikan gerakan menanam sebagai budaya. Kta menyadari bahwa menanam pohon bukan merupakan hal baru bagi rakyat Indonesia. Namun bagaimana kegiatan menanam pohon tersebut menjadi momentum strategis yang dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa mulai dari tingkat pusat sampai ke pelosok tanah air secara serentak. Hal ini tentu bukan sesuatu yang mudah apabila tidak dilandasi oleh suatu kesatuan yang bulat dari seluruh rakyat Indonesia,  kata dia.

Tidak ada komentar: