Kamis, 04 Desember 2008

RKD Gunakan Sistem Elektrik

Penyusunan perencanaan pembangunan daerah Kabupaten Lamongan tahun 2009 akan menggunakan teknologi informasi. Sehingga , penyusunan dokumen perencanaan akan lebih mudah, cepat serta akurat. Hal tersebut disampaikan Kepala Bappeda Kabupaten Lamongan Ismunawan pada bintek penyusunan software dan pelatihan aparatur perencana pembangunan, Rabu (3/12).
Menurutnya, dengan pemanfaatan sistem informasi tersebut Bappeda menyediakan sebuah software yang menyajikan informasi mengenai hasil usulan-usulan pada kegiatan Musrenbang " musyawarah perencanaan pembangunan - secara elektronik yang akurat dan terintegrasi. "Dengan penerapan sistem informasi diharapkan akselerasi dan akurasi dalam proses penyusunan RKPD (rencana kerja pemerintah daerah) Kabupaten Lamongan bisa meningkat," harap Ismunawan.
Dijelaskannya, usulan hasil Musrenbang selama ini hanya berbentuk lembaran kertas, sehingga dimungkinkan adanya data yang hilang. Namun dengan penerapan sistem informasi ini semua usulan hasil Musrenbang dapat disimpan secara elektronik. Selain itu, tiap-tiap SKPD (satuan kerja pemerintah daerah) dapat mengakses data tersebut. "Dengan username serta password yang benar dan tentunya sudah ditetapkan untuk tiap-tiap SKPD, maka data yang telah tersimpan dapat diakses karena sistem ini terintegrasi antara kecamatan dengan SKPD sebagai unit pemasukan data," papar Ismunawan.
Yang pasti, katanya, dengan penerapan sistem informasi ini diharapkan mampu memperbaiki prosesdan substansi tahapan perencanaan dan penganggaran daerah di Kabupaten Lamongan. "Ikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat mengaplikasikan program tersebut saat penyusunan RKPD," harap ismunawan.
Bintek dengan narasumber dari CV Putra Gunadharma tersebut terbagi dalam dua gelombang yang diikuti seluruh SKPD di jajaran Pemkab Lamongan serta seluruh kecamatan.

Tidak ada komentar: