Kamis, 04 Desember 2008

Hari Nusantara, Gelar Bersih-bersih Pantai

Menyambut peringatan Hari Nusantara IX, Pemkab Lamongan bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jatim kemarin (Rabu, 3/12), menggelar bersih-bersih pantai di sekitar Pelabuhan Perikanan Brondong. Sekitar 500 orang dari berbagai kalangan dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Propinsi Jatim Kardani dalam laporannya menyebutkan banyaknya anggapan umum yang selama ini keliru mengenai pantai. "Umumnya, laut masih dianggap sebagai tempat pembuangan sampah oleh sebagain masyarakat. Anggapan bahwa laut sebgai keranjang sampah besar dan laut sebagai halaman belakang rumah perlu untuk direvisi dan ditata kembali, " tuturnya. Pada kegiatan bersih-berish pantai ini, lanjut dia, alan melibatkan sejumlah 500 orang dari nelayan, siswa, ormas dan koperasi. Selain itu ada sejumlah alat-alat kebersihan yang akan dibagikan.
Kegiatan itu sendiri dibuka lewat seremoni apel pagi yang dipimpin oleh Bupati Lamongan Masfuk. Dalam sambutannya, bupati yang baru saja menerima Satya Lencana Wirakarya Pembangunan bidang pendidikan dari Presiden RI tersebut menyampaikan pemerintah daerah telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pantura. "Saat ini kita semua bisa melihat geliat ekonomi di daerah pesisir pantai. Perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di berbagai bidang seperti pariwisata, transportasi, dok dan perkapalan serta pengolahan ikan atau yang lain telah dan akan berdiri, " kata dia.
Oleh karena itu, sambung dia, kita semua harus bisa menjaga kawasan pantura tetap aman, damai dan menyenangkan bagi siapapun yang ingin melakukan usaha-usaha guna kemajuan dan kemakmuran masyarakat. "Kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan suatu keharusan, dimana konsumen menuntut produk yang bersih dan sehat serta aman untuk dikonsumsi. Apalagi Lamongan dikenal sebagai penghasil ikan terbesar di Jatim, sudah seharusnya menjadi tauladan bagi nelayan maupun pengelola pelabuhan daerah lain, " ungkapnya

Tidak ada komentar: