Senin, 30 Agustus 2010

Mutasi Gelombang Pertama Bergerak

Gerbong mutasi gelombang pertama di periode kepemimpinan Bupati Fadeli dan Wabup Amar Saifudin mulai bergerak. Berlangsung di Pendopo Lokatantra, Jum’at (27/8) dilakukan pengangkatan dan pemindahan 32 jabatan struktural di Pemkab Lamongan. Dipimpin Fadeli, kegiatan itu juga dihadiri Amar Saifudin, Ketua DPRD Makin Abbas dan sejumlah muspida setempat.

Fadeli ditemui seusai kegiatan itu menegaskan bahwa tidak ada pejabat yang diturunkan eseloningnya. “Yang ada hanya pergeseran saja, “ tandas bupati yang dilantik 9 Agustus lalu itu. Di kesempatan itu dia juga menyampaikan bahwa pergeseran pagi itu bukan yang terakhir, masih akan terus berjalan.

“Demikian pula dengan jabatan Plt Sekda yang sementara masih dalam proses penggodokan setelah pejabat sebelumya diangkat menjadi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Tahapannya sampai saat ini terus dijalankan, “ imbuh dia.

Terkait pergeseran itu, Fadeli kemudian mencontohkan Tatag Sugiharto, mantan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip, yang digeser menjadi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia. “Staf Ahli kini berbeda dengan yang dulu. Kini sudah diatur dengan perda dan memiliki eseloning IIb. Justru Tatag kini memiliki tugas yang lebih berat. Karena sebenarnya berdasar perda itu Pemda bisa mengangkat staf ahli dari luar. Tapi untuk sementara ini diberdayakan dulu SDM yang ada. Tinggal mau bekerja keras atau tidak, “ ujarnya.

Sebelumya, dalam sambutannya Fadeli meminta pada pejabat yangbaru dilantik agar segera menempati posnya yang baru. “Paling lambat pada 1 September sudah harus menempati posnya yang baru. Agar tidak terlalu lama melakukan adaptasi sehingga bisa langsung bekerja. Penataan aparatur ini telah melalui pertimbangan matang. Selain berdasar aturan yang berlaku, juga mempertimbangkan obyektifitas serta kapabilitas yang bersangkutan, “ kata dia.

Pergeseran itu sendiri berdasar Keputusan Bupati Lamongan Nomor : 821/138/413.203/KEP/2010 tentang Pengagnkatan/Pemindahan Dalam Jabatan Struktural PNS, tertanggal 26 Agustus 2010. Diantara pergeseran itu, Ismunawan yang sebelumnya Kepala Bappeda kini menjabat Inspektur Kabupaten Lamongan, Yuhronur yang sebelumnya Direktur Utama Bank Daerah kini menjadi Kepala Bappeda.

Selanjutnya Lestariyono menjabat Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip, dia sebelumnya adalah Kepala Kantor Penanaman Modal. Sementara mantan Kepala Dinas Perhubungan Agus Suyanto dilantik menjadi Kepala Dinas PU Cipta Karya dan posisinya di Dishub ditempati Bambang Hadjar Purwono, mantan Kepala Kantor Perijinan. Penataan aparatur itu mengangkat/memindah tujuh jabatan eselon IIb, 12 jabatan eselon IIIa, 11 jabatan eselon IIIb dan masing-masing satu eselon Iva dan eselon IVb.

Tidak ada komentar: