Senin, 30 Agustus 2010

Ibu-ibu PKK Disosialisasikan Penggunaan E

Sosialisasi penggunaan tabung elpiji (LPG) terus gencar dilakukan Pemkab Lamongan bersama Pertamina. Kali ini giliran sejumlah ibu-ibu PKK yang menerima sosialisasi penggunaan elpiji dan kompor gas yang baik dan benar di Pendopo Lokatantra setempat, Kamis (5/8).

Dua orang staf dari Gas Domestik Pertamina Regional III, Probo Prasiddha Hayu dan Andyk Wijaya Ernanta menyampaikan sosialisasi yang juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK (TPPKK) Lamongan Endang Rijanti Masfuk tersebut. Sosialiasi tersebut diserati dengan peragaan menggunakan elpiji kiemasan 3 kilogram lengkap dengan selang, regulator dan kompor gas.

Andyk kepada ibu-ibu PKK tersebut berharap agar mereka betul-betul mengecek rubber seal (seal karet hitam dalam katub tabung baja) dalam elpiji sebelum menggunakan menyalakan kompor. “Jangan sekali-kali menggunakan tabung elpiji yang tidak ada rubber seal atau seal dalam kondisi rusak. Jika hal ini ditemui, segera tukarkan tabung elpijinya, “ ujarnya.

Dia juga memberikan sejumlah tips penggunaan elpiji yang aman. Diantaranya untuk mengetahui kebocoran tabung dapat dilakukan dengan air sabun. Jika ada desis atau air sabun bergelembung berarti menandakan tabung dalam kondisi bocor. Dia juga menyarakan agar posisi tabung lebih rendah dari posisi kompor. Demikian pula tabung harus dalam posisi rata.

Tidak ada komentar: