Senin, 02 Agustus 2010

Terpilih, 74 Orang Anggota Paskibra Kabupaten

Setelah melalui seleksi ketat, akhirnya terseleksi 74 orang siswa siswi terbaik di Lamongan sebagi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) tingkat kabupaten. Mereka menyisihkan sebanyak 400 siswa se Lamongan yang sebelumya mengikuti seleksi sejak 19 Juli lalu.

Selanjutnya, sejumlah 74 siswa terpilih tersebut menjalani latihan rutin seiap hari di alun-alun Kota Lamongan. Mereka kemudian akan ditempatkan dalam tiga pasukan, yakni pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45 serta 2 orang komandan regu bersama 2 orang anggota cadangan. “Sebanyak 400 siswa yang mengikuti seleksi awal tersebut berasal dari 40 lembaga pendidikan setingkat SLTA dari seluruh penjuru Lamongan, “ ujar Suharto, Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Lamongan.

Ditambahkannya, setiap hari ke-74 calon anggota Paskibraka tingkat kabupaten itu berlatih mulai jam 7 pagi hingga jam 11. Mereka terdiri dari 35 orang siswa laki-laki dan 39 orang siswa perempuan. Pada seleksi awal, pembina sudah harus mengeliminasi 260 peserta karena tidak memenuhi persyaratan awal seperti tinggi badan minimal 155 cm bagi siswa perempuan dan minimal 170 cm bagi lak-laki.

Selama latihan rutin, calon anggota paskibraka tingkat kabupaten ini mendapat materi baris berbaris dari tiga instansi. Yakni 3 orang personil dari Kodim 0812, 2 0rang dari Polres Lamongan dan 1 orang dari Sub Garnisun Lamongan. Untuk mengantisipasi siswa yang mengalami kelelahan, Pembina juga terlihat menyiagakan satu unit ambulance bersam sejumlah petugas. Dalam latihan awal tersebut memang terlihat beberapa siswa mengalami kelelahan sehingga harus mendapat perawatan. Masalah kaki kram juga sering menimpa siswa.

Tidak ada komentar: