Senin, 30 Agustus 2010

Ramadhan, Donor Dibuka Usai Tarawih

Selama bulan Ramadhan ini, Unit Transfusi Darah (UTD) Lamongan mengubah jadwal bagi mereka yang ingin mendonorkan darahnya. Kini, UTD yang terletak di jalan Kusuma Bangsa Kecamatan Lamongan itu membuka jadwal donor seusai Sholat Tarawih.

“Kebanyakan stok darah kami berasal dari kegiatan donor darah yang diadakan keluar seperti ke sejumlah sekolah dan lembaga yang mengundang. Karena memasuki bulan puasa, jadwal tersebut sementara kami stop. Namun bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya kami membuka layanan seusai Sholat Tarawih. Bahkan kami juga siap melayani selama 24 jam untuk kegiatan donor darah, “ ujar Kepala UTD Lamongan Dr Ahmad Murod Ma’mun melalui Plt Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa kemarin.

Dia juga menegaskan petugas UTD siap melakukan kegiatan donor darah jika ada undangan. “Meski tidak banyak, Alhamdulillah masih ada masyarakat yang mau melakukan donor seusai Sholat Tarawih di Kantor UTD. Namun demikian ini masih belum bisa menutup kebutuhan kantong darah di Lamongan yang mencapai rata-rata 600 hingga 650 kantong darah setiap bulannya. Untuk mencukupi kebutuhan ini, akan dicukupi dengan mengambil dari UTD tetangga, “ terang dia.

Terkait stok darah tersebut, disebutkannya untuk darah golongan AB sementara kosong. Sementara untuk darah golongan A ada 10 kantong, darah golongan B sebanyak 1 kantong dan golongan O ada 15 kantong darah. Selama ini sekitar 50 persen kebutuhan kantong darah di Lamongan dipenuhi dengan mengambil dari UTD daerah lain. Sementara sisanya dipenuhi dari kegiatan sendiri seperti di sekolah, polres serta lembaga lain yang mengundang.

Tidak ada komentar: