Senin, 02 Agustus 2010

Olahraga Efektif Cegah Osteoporosis

Osteoporosis di Indonesia saat ini telah menjadi salh satu pola penyakit degenerative yang harus diwaspadai. Menurut data Puslitbang Gizi departemen Kesehatan di 14 propinsi, penyakit ini telah mencapai tingkat yang perlu diwaspadai, yakni 19,7 persen. Bahkan kecenderungan osteoporosis di Indonesia enam kali lebih tinggi dari Belanda.

Data tersebut diungkapkan Manager PT Paskes (persero) Cabang Bojonegoro Hary Soebijakto seusai mengikuti Senam Sehat Askes dalam rangka HUT-nya ke-42 di alun-alun Kota Lamongan, Sabtu (24/7). Karena itu, menurut dia, masyarakat harus dibiasakan untuk rajin berolahraga. “Olahraga adalah gaya hidup yang sangat dominan dalam menentukan kekuatan tulang. Karena itu senam pagi ini juga diikuti peserta Askes dari kalangan wredatama dan veteran, “ ujarnya.

Dalam Senam Sehat Askes terlihat sejumlah veteran yang tetap bersemangat mengikuti gerakan dari instruktur meski usia terlihat renta dan kaki yang sudah ditopang dengan alat bantu. Selain senam, kegiatan pagi itu juga diwarnai pemeriksaan kesehata berupa tekanan dan gula darah gratis. Selain itu juga sempat dilakukan peragaan emergency care, penanganan kesehatan kegawatdaruratan dengan menggunakan kendaraan ambulance.

Sebelumnya, Asisten Tata Praja Agus Sugiharto saat membuka kegitan tersebut dalam sambutannya berharap agar PT Askes sebagai perusahaan yang berorientasi pada pelayana kesehatan untuk terus meningkatkan kualitas layanannya. Baik pada peserta askes maupun pada masyarakat. “Oleh Karena itu PT Askes dituntut semaksimal mungkin untuk melayanani masyarakat, khususnya dibidang kesehatan. Sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat, “ kata dia.

Tidak ada komentar: