Senin, 27 Juli 2009

Aset Koperasi Lamongan Capai Rp 491 miliar

Sampai saat ini tercatat ada 406 koperasi di Kabupaten Lamongan. Dari jumlah tersebut, 63 diantaranya adalah koperasi baru. Sementara total aset yang dimiliki ratusan koperasi tersebut mencapai Rp 491,851 miliar.

Data tersebut disampaikan Kepala Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Diskopinda) Lamongan Mursyid saat perayaan Hut koperasi ke-62 di Kantor Diskopinda setempat, Kamis (23/7). Dalam laporannya itu, Mursyid sampaikan koperasi di Lamongan miliki angota hingga 146.352 orang dan mampu serap 22.039 tenaga kerja. Selain itu, modal sendiri tercatat mencapai Rp 100,075 milyar dan total tabungan mencapai Rp 277,072 milyar serta keuntungan bersihnya hingga Rp 9,010 milyar.

Kegiatan HUT koperasi tersebut dihadiri sejumlah bankir, notaries dan pengurus perkoperasian di Lamongan. Selain itu Bupati Lamongan Masfuk bersama Sekkab Fadeli dan Ketua DPRD Makin Abbas dan sejumlah muspida setempat juga turut dalam kegiatan itu. Masfuk sendiri dalam sambutannya berharap pengelola koperasi di Lamongan mau untuk merubah pola pikir. Karena menurutnya, hanya dengan melakukan pola pikirlah sehingga keberhasilan dapat diraih.

“Saya dulu berawal dari bawah. Berjualan di pinggir jalan. Hanya dengan usaha dan tekad yang kuatlah sehingga saya berhasil. Itu juga harusnya bisa anda lakukan. Jangan berhenti bermimpi, “ kata dia. “Koperasi juga jangan hanya dijadikan sekedar sebagai pantes-pantesan. Sekedar usaha sampingan. Padahal dengan koperasi juga bisa kaya asal dikelola dengan benar dan sungguh-sungguh. Jangan takut untuk berinovasi dan berpikiran ekstrim. Artinya ekstrim adalah bagaimana membuat modal Rp 100 juta bisa menjadi Rp 1 milyar dalam hitungan bulan. Jangan Cuma berharap uluran tangan pemerintah saja, “ ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, saat ini anggaran untuk pembelian rumah perwakilan Kabupaten Lamongan di Jakarta sudah disetujui legislatif. Dikatakannya, pendirian kantor perwakilan di Jakarta ini karena disanalah pusat pusaran ekonomi Indonesia. “Manfaatkan ini sebaik-baiknya. Sajikan produk anda disana dan buka pasar baru yang lebih luas, “ tutur dia.

Berbagai kegiatan mewarnai HUT koperasi tahun ini. Diantaranya lomba karya tulis perkoperasian yang diikuti 144 orang peserta. Dengan juara pertama untuk kelompok SMP diraih Asharlina Rizki Ardina dari SMPN 4 Lamongan. Sementara juara pertama kelompok SMA diraih M Nasrullah dan Hermawan dari MAN Lamongan. Selanjutnya kelompok perguruan tinggi dan umum masing-masing juara pertamanya yakni Sutri Handayani dari Universitas Lamongan (Unisla) dan Riza Rahmawati seorang guru dari SMKN 2 Lamongan.

Tidak ada komentar: