Selasa, 21 Juli 2009

Lomba Holahop Sambut HUT RI

Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Lamongan gelar sejumlah lomba sambut HUT RI ke-64. Diantara lomba yang digelar kemarin (17/7) di Pendopo Alun-alun Kota Lamongan adalah permainan tradisional holahop.

Sementara di tempat berbeda, yakni di Gedung PKK setempat dilangsungkan lomba tenis meja dan di pelataran Guest House Pemkab digelar Lomba Senam Lansia. Dan semua pesertanya adalah ibu-ibu yang tergabung dalam Perwosi Lamongan. Mulai dari ibu-ibu di lingkup Pemkab Lamongan hingga ibu-ibu di lingkup kepolisian.

Dari ketiga lomba tersebut, lomba holahop nampaknya yang paling diminati ibu-ibu. Terbukti pesertanya paling banyak, mencapai 110 peserta. Sementara Senam Lansia dan Tenis Meja masing-masing diikuti 28 tim dan 56 orang peserta. Termasuk Ketua Perwosi Lamongan Endang Rijanti Masfuk bersama pengurus lainnya seperti Cicik Rosyida Tsalits Fahami dan Mahdumah Fadeli terlihat antusias melihat jalannya perlombaan permainan tradisional holahop tersebut.

Endang Rijanti dalam keterangannya sampaikan, berbagai perlombaan yang digelar itu untuk meramaikan HUT RI ke-64. Dia juga menyampaikan, Perwosi masih akan mengelar tiga perlombaan tradisional lagi pada 24 Juli mendatang. Yakni Gobak Sodor, Bekelan dan Dakonan. Sementara pada 31 Juli mendatang Perwosi juga akan laksanakan kegiatan jalan sehat.

Selain untuk sambut HUT RI, Endang berharap dengan adanya perlombaan berbagai lomba tradisional tersebut akan mampu kembali menghidupkan berbagai permainan tradisional yang sudah mulai dilupakan. “Saat ini sudah begitu banyak permainan modern yang cenderung individualistis. Sementara permainan tradisional seperti bekelan ataupun gobak sodor dan bekelan yang notabene sarat pesan sosial saat ini mulai dilupakan. Semoga dengan kegiatan ini permainan tradisional akan kembali hidup di masyarakat, “ ujar dia.

Untuk Lomba Holahop juara pertama diraih Ny Iin dari Kecamatan Deket dan juara II dan III masing-masing oleh Ny Sarno dari Kecamatan Tikung dan Ny Huda dari Kecamatan Sambeng. sementara Tenis meja juara pertama oleh Syikavas Huzha dari Dinas Kesehatan. kemudian juara kedua oleh Ny Widya Imam Sayuti (Bhayangkari) dan juara ketiga oleh Ny Zuli Sujiati dari Persid Kartika Candra Kirana

Tidak ada komentar: