Senin, 13 Juli 2009

Bupati dan Muspida Sidak Pilpres

Bupati Lamongan Masfuk bersama sejumlah pejabat muspida setempat seperti Kapolres AKBP Imam Sayuti, Kajari Mujiharti dan Ketua DPRD Makin Abbas lakukan sidak pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) di dua TPS, Rabu (8/8). Selain mereka, Wakil Bupati Tsalits Fahami dan Sekkab Fadeli juga ikut dalam sidak tersebut. Sidak kali ini dilakukan di Kecamatan Tikung dan Mantup.

Sebelumnya, Masfuk Tsalits Fahami berikan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS) yang sama, yakni TPS 01 Kelurahan Tumenggungan/Lamongan Kota. Demikian pula dengan Ibu Endang Rijanti Masfuk dan Cicik Rosyida Tsalits Fahami lakukan pencontrengan di TPS yang berada di seberang rumah dinas mereka itu.

Masfuk menyampaikan harapannya agar suasana di Lamongan yang sudah kondusif bisa terus terjaga meski ada pemilihan presiden. Dia juga meyakini, masyarakat Lamongan sudah cukup dewasa dalam berdemokrasi sehingga suasana kondusif akan terus terjaga. ”Saya juga berterima kasih pada semua masyarakat dan petugas penyelengara pemilu yang telah turut berperan menyukseskan pesta demokrasi di Indonesia, ” kata dia.

Jumlah TPS pada pilpres di Lamongan berkurang 887 unit dibanding pada pilleg 9 April lalu. Pada pilleg lalu berjumlah 3.462 TPS sedangkan pada pilpres mendatang turun menjadi 2.575 unit TPS. Penurunan ini karena adanya penambahan jumlah pemilih dalamsatu TPS. Yang sebelumnya 500 pemilih pada pilleg lalu, kini menjadi 800 orang pemilih dalam satu TPS.

Sedangkan untuk jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) yang masuk dalam pilpres di Lamongan kali ini, jumlahnya mengalami penambahan 867 orang dibanding pada pilleg lalu. DPT untuk pilpres yang diikuti tiga orang calon pasangan presiden dan wakilpresiden tersebut di Lamongan ada sebanyak 1.040.552 orang. Yakni terdiri dari 510.371 pemilih laki-laki dan 530.181 orang pemilih perempuan. Jumlah ini naik dibanding DPT pada pilleg lalu sebayak 1.039.685 orang yang terdiri dari 509.780 laki-laki dan 529.905 perempuan.

Tidak ada komentar: