Kamis, 16 Juli 2009

Masfuk Raih Penghargaan Bhakti Koperasi

Bupati Lamongan Masfuk raih Penghargaan Bhakti Koperasi Kementrian Negara Koperasi dan UKM RI yang akan diserahkan pada Acara Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-62 di Stadion Madya Sempaja, Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (15/7). Selain itu, pada kegiatan yang sama, Koperasi Serba Usaha (KSU) Kencana Makmur dari Kecamatan Solokuro juga dinobatkan sebagai Koperasi Berprestasi di Indonesia.

Kabag Humas dan Infokom Lamongan Aris Wibawa sampaikan, Kepala Dinas Koperasi, Industri dan Perdagangan (Diskopindag) Mursyid bersama Ketua KSU Kencana Makmur sudah berangkat ke Samarinda untuk terima penghargaan tersebut. Selain Tanda Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM, Kementrian Negara Koperasi dan UKM juga akan memberikan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya pada sejumlah koperasi di Idonesia. “Presiden RI direncanakan akan berikan penghargaan ini secara simbolis, “ katanya

KSU Kencana Makmur sendiri sampai saat ini tercatat memiliki 41 orang anggota dan 5.900 orang calon anggota. Dari 11 jenis usaha yang dimiliki koperasi tersebut, yang paling berkembang adalah jenis usaha simpan pinjam. Sampai saat ini, usaha simpan pinjamnya telah berkembang menjadi empat kantor cabang.

Saat rapat anggota tahunan (RAT) yang terakhir, sisa hasil usahanya (SHU) mencapai Rp 100 juta. Sementara asetnya mencapai Rp 13.697.632.329. Menurut Aris, penghargaan dari Kementrian Negara Koperasi dan UKM RI ini akan menambah penghargaan yang diteriam sebelumnya. Seperti Koperasi Berprestasi 2009 dari Bupati Lamongan dan Juara II Koperasi Berprestasi Jenis Jasa dari Gubernur Jatim.

“Bapak Bupati (Masfuk) memiliki komitmen tinggi pada pengembangan koperasi dan usaha kecil menengah (UKM) di Lamongan. Kebijakan yang cukup strategis adalah dengan penerbitan Perda Nomor 7 tahun 2008 tentang Pemberdayaan Koperasi dan UKM. Dengan adanya Perda ini, posisi tawar koperasi disamakan dengan PT dan CV dalam mengikuti tender rekanan pengadaan barang dan jasa pemerintah, “ tutur Aris.

Tidak ada komentar: