Senin, 13 Juli 2009

Kiriman TKI Capai Rp 2,562 Miliar

Sampai dengan akhir Mei lalu, kiriman uang TKI Lamongan yang berada di negeri jiran Malaysia mencapai Rp 2,562 miliar. Jumlah ini belum termasuk kiriman TKI yang berada di negera lain seperti Jepang yang mencapai Rp 3,196 miliar.

Sementara terkait penghentian sementara pengiriman TKI ke Malaysia akibat beberapa kasus penyiksaan yang terjadi, sampai saat ini Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lamongan belum menerima secara resmi surat terkait hal itu dari pusat. Hal itu disampaikan Kepala Disnakertrans Lamongan Soni Harsono melalui Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa.

Menurutnya, jika surat itu secara resmi sudah diterima, baru Disnakertrans bisa mngambil langkah-langkah tindakan. Meski demikian, lanjut dia, selama bulan ini belum ada TKI resmi yang terdaftar akan pergi ke Malaysia. “Kalau dengan tujuan Hongkong, ada satu orang. Sementara beberapa bulan lalu ada juga 16 orang TKI yang berangkat ke Jepang sebagai tenaga sektor formil seperti montir dan tenaga edukatif, “ terangnya.

Dari data Disnakertrans pula diperoleh data bahwa tahun ini ada sejumlah 670.292 jiwa pencari kerja di Lamongan. Sementara itu, 44.496 jiwa lainnya berstatus pencari kerja. Di Lamongan sendiri ada 625.795 kesempatan kerja.

Tidak ada komentar: