Selasa, 21 Juli 2009

Pap Smear

Pap Smear adalah tes yang dapat mendeteksi ada tidaknya sel-sel abnormal yang terdapat di dalam mulut rahim, sebelum berubah menjadi sel kanker . Tingginya angka penderita ini tentunya menjadi beban kesehatan, ekonomi dan sosial bagi keluarga dan Negara. Padahal melalui detekdi dini ( pap smear ) angka ini dapat ditekan serendah mungkin. Namun selain pengetahuan tentang pentingnya deteksi awal, biaya pap smear yang cukup besar juga menjadi kendala bagi sebagian besar masyarakat kita. Dengan hal-hal tersebut diatas menggugah keprihatinan kita terhadap rendahnya tingkat kesehatan kaum permpuan indonesia khususnya di Lamongan yang menjadi pengidap penyakit kanker mulut rahin ( serviks ) diantaranya berakhir dengan kematian.

Untuk itu Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan mengadakan pap smear gratis di Desa Ploso Boden Kecamatan Deket, pada tanggal 17 Juni 2009 yang diikuti 100 orang pasangan usia subur/ akseptor KB aktif yang tidak mampu, program tersebut adalah bentuk kepedulian Pemerintah/ Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Lamongan, terhadap akseptor KB untuk melindungi dan mengayomi alat reproduksinya.

Dengan diadakannya program tersbut , semoga dapat menekan terjadinya penyakit kanker mulut rahim ( serviks ) yang ada di Lamongan , serta menjadikan inspirasi bagi kaum wanita untuk lebih memperhatikan kesehatan organ kewanitaannya agar apabila terjadi penyakit kanker mulut rahim ( serviks ) dapat terdeteksi lebih dini.

Tidak ada komentar: