Senin, 13 Juli 2009

Bangun Dua Halte Baru

Dinas Perhubungan Lamongan tahun ini akan bangun lagi dua halte baru. Masing-masing halte tersebut akan dibangun di Kecamatan Sukodadi dan Pucuk. Sebelumnya, Dinas Perhubungan tahun ini akan membangun tiga unit halte dengan total anggaran sebesar Rp 186 juta. Namun kemudian rencana pembangunan halte ketiga di Kecamatan Babat dibatalkan seiring rencana renovasi Pasar Babat menjadi Pasar Modern Babat.

Selanjutnya dalam Perubahan APBD 2009 yang masih dalam prose pembahasan, anggaran yang diusulkan menjadi Rp 92 juta. Sementara terkait usulan DPRD setempat agar dilakukan pembangunan halte serupa di depan kampus Unisda di Kecamatan Sukodadi, Pemkab Lamongan sampaikan akan pertimbangkan usulan tersebut. Seperti disampaikan Kabag Humas dan Infokom Aris Wibawa, rencana pembangunan halte di depan Pasar Babat diurungkan karena dikhawatirkan akan tidak sejalan dengan konsep pembangunan Pasar Modern Babat.

Selain pembangunan dua unit halte itu, Pemkab Lamongan lewat Dinas Perhubungan tahun ini juga menanggarkan sejumlah Rp 188 juta untukpembangunan perangkat lalu lintas. Yakni untukpengadaan rambu petunjuk arah tiang atas sejumlah 25 unit. Juga dilakukan penambahan 50 unit rambu lalu lintas model F.

“Pembangunan halte dilokasi tersebut sangat penting karena tingginya frekuensi kendaraan yang mnaik dan menurunkan penumpang di Kecamatan Sukodadi dan Pucuk. Sehingga sudah saatnya di lokasi tersebut dibangunkan halte untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat Lamongan pengguna kendaraan umum,” ujarnya.

Sesuai Kepeutusan Menteri Perhubungan tentang fasilitas pendukung kegiatan lalu lintas dan angkutan jalan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi dalam pembangunan halte. Diantaranya dibangun sedekat mungkin dengan fasilitas penyeberangan pejalan kaki. Kemudian ditempatkan di atas trotoar atau bahu jalan dengan jarak sekurang-kurangnya 1 meter dari tepi jalur lalu lintas.

Tidak ada komentar: