Rabu, 10 Juni 2009

8000 Meter Jalan Dibangun Hotmix

Tahun ini Pemkab Lamongan kucurkan anggaran untuk bangun jalan dan jembatan hingga capai Rp 10,1 milyar. Dari sejumlah besar anggaran tersebut, Rp 4,9 milyar diantaranya diperuntukkan bagi pembangunan 8000 meter jalan dengan konstruksi pengaspalan hotmix.

Jalan jurusan Pucuk-Sekaran di Kecamatan Sekaran sepanjang 1400 meter dengan lebar 5 meter termasuk yang akan dibangun dengan konstruksi aspal hotmix. Peningkatan jalan ini mendapat anggaran Rp 596,547 juta. Demikian pula pemeliharaan berkala jalan jurusan Plembon-Sugio akan dibangun dengan konstruksi hotmix. Jalan dengan panjang 2400 meter dan lebar 4 meter ini akan dibangun dengan anggaran Rp 1,006 milyar.

Dituturkan Kabag Humas dan Infokom Pemkab Lamongan Aris Wibawa, tahun ini akan ada tujuh ruas jalan yang dibangun dengan konstruksi hotmix. Diantaranya jalan jurusan Kembangbahu-Kalipang sepanjang 1000 meter. Kemudian jalan jurusan Banjarwati-Petiin di Kecamatan Solokuro sepanjang 1000 meter. Jalan jurusan Paciran-Godog di Kecamatan Solokuro dengan panjang 700 meter juga akan dibangun dengan konstruksi hotmix. Selain itu jalan jurusan Kedungpring-Sukobendu dengan panjang 1.100 meter juga akan dibangun dengan aspal hotmix.

“Pembangunan jalan dan jembatan ini merupakan bagian dari komitmen dan prioritas Bupati Lamongan (Masfuk) untuk lakukan percepatan pembangunan infrastruktur di Lamongan. Terutama infrastruktur jalan. Karena dengan semakin baiknya infrastruktur yang ada, akan mempercepat arus barang dan jasa. Dengan demikian akan semakin mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Lamongan,” ujar Aris.

Dilanjutkan Aris, selain dengan konstruksi aspal hotmix, beberapa ruas jalan akan dibangun dengan konstruksi semen cor atau CBC (Concrete Base Cement). Seperti jalan meter dan lebar jurusan Sumberdadi-Sumberkerep di Kecamatan Mantup. Pembangunan jalan dengan panjang 750 meter dan lebar 3,5 meter ini dianggarkan Rp 536,070 juta. Sementara jalan Sarirejo-Jatirambe sepanjang 1500 meter dan lebar 3,5 meter juga dibangun dengan konstruksi CBC dengan anggaran sebesar Rp 910,788 juta.

Tidak ada komentar: