Rabu, 10 Juni 2009

Staf DPK Belajar Pembenihan Ke Thailand

Prasetya Wahyu Kusuma, staf Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Pemkab Lamongan terpilih menjadi duta Indonesia untuk belajar pembenihan ikan ke negeri gajah putih Thailand. Bersama Kadis Perikana Kelautan Mustakim Arif dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bambang Kustiono, Prasetya pamitan pada Bupati Masfuk di ruang kerjanya.

Kepada Prasetya, Masfuk berpesan selama tugas belajar di Thailand agar dia dapat serap semua ilmu yang diberikan. “Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Jika sudah kembali ke Lamongan agar ilmu tersebut dapat diterapkan. Teruslah berinovasi dan lakukan langkah-langkah kreatif . Namun agar dijaga inovasi dan kreatifitas itu tetap berada di koridor tatanan pemerintahan, “ tuturnya.

Sementara dikonfirmasi seusai pertemuan itu, Mustakim Arif mengatakan selama belajar mulai 4 hingga 31 Mei mendatang di Songkhla Thailand semua biaya transportasi dan akomodasi ditangung oleh pemerintah Thailand. Ini adalah program dari Thailand International Development Cooperative Agency (TICA). “Namun dari Pak Bupati tadi tetap ada sekedar tali asih untuk Prasetya, “ terang dia.

Dikatakan Arif, tawaran belajar di Thailand sebelumnya datang dari Biro Kerjasama Luar Negeri Pemprop Jatim. Kemudian DPK kirimkan aplikasi dua orang staf untuk ikuti program belajar itu, yakni Prasetya dan Panca. Namun akhirnya yang lolos mewakili Jatim hanya Prasetya. “Kedua orang staf ini selain memang tekun dan kreatif, juga karena kemampuan Bahasa Inggris keduanya. Mereka jugalah yang menjadi guide saat Dinas Perikanan, Kelautan dan Peternakan (nama lama DPK) mendatangkan konsultan perikanan dari Jerman, “ paparnya. Selain itu, lanjut dia, Prasetya ini juga yang menggagas budi daya ikan kakap putih di air tawar.

Menurut Prasetya yang lahir 17 Juni 1978 lalu di Lamongan itu, dia akan berangkat ke Thailand dari Jakarta pada Sabtu (2/5) mendatang. Untuk kemudian belajar mengenai pembenihan ikan bersirip atau fin fish atau training course on marine finfish hatchery selama sekitar tiga minggu di Coastal Fisheries and Development Bureau (CFDB) Department of Fisheries Thailand.

Prasetya sendiri adalah anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Bambang Sulistyo dan Endang Ismiati. Lulusan Sekolah Tinggi Perikanan (STIP) Jakarta ini telah jadi PNS di DPK sejak 2006 lalu. Kedua saudaranya masing-masing Diana Dewi swandari dan Safrina Agung Wiyatasari.

Tidak ada komentar: