Rabu, 10 Juni 2009

Kantor Dispertahut Akan Dibangun Dua Lantai

Pemkab Lamonganakan ajukan usulan untuk pembangunan renovasi gedung/kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) melalui dana APBD tahun anggaran 2010 mendatang. Dalam usulan itu anggaran yang direncanakan berada di kisaran Rp 3,775 milyar.

Informasi usulan pembangunan renovasi tersebut disampaikan Bupati Lamongan Masfuk saat bacakan jawaban eksekutif terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Lamongan terkait pembahasan laporan pertanggungjawaban APBD 2008, Selasa (2/6), di Ruang Rapat Paripurna DPRD setempat.

Selain dana Rp 3,775 milyar, lanjut Masfuk, juga akan ditambah dana untuk sarana pendukung non fisik sebesar Rp 600 juta. Sehingga akan diperlukan dana secara keseluruhan sebesar Rp 4,375 milyar. Disampaikannya, keberadaan Kantor Dispertahut yang dibangun pada 1979 melalui dana APBN saat ini keberadaannya kurang memenuhi standar bangunan.

Dicontohkannya, posisi bangunan lebih rendah dari jalan raya sehingga halamannya sering tergenang air saat hujan. Demikian pula struktur bangunan khususnya atap sudah mulai rusak. Padahal, lanjut dia, dengan jumlah staf yang banyak, keberadaan tempat yang ada sangat kurang. “Atas saran Fraksi PAN, sudah saatnya Dispertahut memiliki kantor yang representatif lengkap dengan sarana pendukung baik fisik dan non fisik. Usulan ini sejalan dengan pemikiran eksekutif, “ ujar dia.

Sementara permohonan penjelasan dari Fraksi Partai Golkar berkaitan dengan investasi di pabrik Pupuk Maharani, Masfuk sampaikan dalam tahun 2009 ini pabrik pupuk ini akan mulai mendapat perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dijelaskannya, sejak 2007 dalam operasionalnya telah diadakan kerjasama pengelolaan pabrik Pupuk Maharani antara Pemkab Lamongan dengan PT Anak Gresik Raya (AGR) Gresik selaku pengelola pabrik.

Namun dalam operasionalnya selama dua tahun ternyata mengalami kerugian sehinbgga perjanjian itu ditinjau kembali. Sehingga pada 31 Desember 2008 lakukan perubahan bentuk kerjasama antara Pemkab Lamongan dengan PT Ladang Hijau Gresik. Kerjasama pengelolaan pabrik Pupuk Organik Petroganik Lamongan itu dalam bentuk kerjasama operasionalmulai 1 Januari 2009 dengan system target.

Tidak ada komentar: