Rabu, 10 Juni 2009

UN SMA Diikuti 13.673 siswa

Ujian Nasional atau UN tingkat SMA dan sederajat di Kabupaten Lamongan tahun 2009 ini diikuti sejumlah 13.673 siswa. Jumlah peserta ini naik dibanding peserta UN tahun 2008 yang diikuti sejumlah 12.394 siswa atau naik sebanyak 1.279 orang peserta.

Dari data Dinas Pendidikan Lamongan, sebanyak 6.446 siswa peserta UN berasal dari SMA. Sementara untuk MA dan SMK masing-masing terdaftar diikuti oleh sejumlah 3.833 dan 3.394 siswa. Menurut Kabag Humas dan Infokom Lamongan Aris Wibawa, UN tahun ini menggunakan 805 ruang kelas. Yakni sebanyak 371 ruang untuk SMA, 238 ruang ujian untuk Ma dan 196 ruang untuk SMK.

Sementara itu, Bupati Lamongan bersama Wabup Tsalits Fahami kemarin lakukan sidak pelaksanaan UN hari pertama di MAN Lamongan dan SMAN 1 Lamongan. Saat sidak di MAN Lamongan, Masfuk sempat bertemu dengan staf dari Inspektorat Jenderal (Irjen) Departemen Pendidikan Nasional, Rahmanida dan Sulistiowati.

Di MAN Lamongan, salah seorang peserta UN yang terdaftar atas nama Fatimatus Sholihah mengundurkan diri dari pelaksanaan UN. Di MAN ini, UN tahun ini diikuti sejumlah 345 siswa. Sementara di SMAN 1 Lamongan diikuti sejumlah 347 siswa.

Dari penuturan kedua sataf Irjen tersebut, kunjungan mereka ke Lamongan dalam rangka lakukan pemantauan pelaksanaan UN. Selain di MAN Lamongan, mereka berdua juga akan dijadwalkan lakukan pantauan serupa di SMA Panca Marga, SMA PGRI dan SMA Muhammadiyah Lamongan. “Dari pengamatan kami, pelaksanaan UN di Lamongan sudah berjalan baik. Sementara ini kami belum temui kejanggalan-kejanggalan, “ kata Rahmanida saat di MAN Lamongan, Senin (20/4).

Seusai sidak, Masfuk dalam keterangannya menyampaikan optimismenya UN kali ini akan berjalan lancar. “Dari pantauan yang tadi kami lakukan, terlihat pelaksanaan UN sudah berjalan lancar. Panitia juga terlihat sudah siap untuk mengawal pelaksanaan UN ini, “ tutur dia.

UN untuk tingkat SMA sederajat tahun ini akan berakhir pada 24 April mendatang dan UN susulannya pada 27 April hingga 1 Mei mendatang. Di hari pertama ujian, untuk jurusan IPA mengujikan mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia dan Biologi. Sementara jurusan IPS mengujikan mapel Bahasa Indonesia dan Sosiologi.

Selanjutnya di hari kedua untuk jurusan IPA dan IPS keduanya mengujikan mapel Bahasa Inggris. Demikian pula di hari ketiga untuk IPA dan IPS yang diujikan sama yakni mapel Matematika. Kemudian untuk hari keempat jurusan IPA mengujikan mapel Fisika dan jurusan IPS mengujikan mapel Geografi. Di hari terakhir jurusan IPA mengujikan mapel Kimia dan IPS mengujikan mapel Ekonomi.

Tidak ada komentar: