Jumat, 19 Juni 2009

Resmi Launching NIP Baru

Pelayanan optimal bukan hanya secara eksternal untuk masyarakat umum. Pelayanan optimal adalah juga ketika pegawai di internal instansi mendapat layanan memadai sesuai dengan hak-haknya. Terkait hal itu, Sekkab Lamongan Fadeli kemarin secara resmi launching nomor induk pegawai (NIP) baru saat Apel Korpri di halamn Kantor Pemda setempat, Selasa (17/6).

NIP baru tersebut berjumlah 18 digit. Lebih banyak dari NIP lama yang hanya sembilan digit. Meski dengan digit dua kali lipat, justru NIP baru ini akan semakin mempermudah administrasi. Karena di NIP baru ini sudah tercantum semua data penting administrasi kepegawaian.

Untuk delapan digit pertama menerangkan tahun, bulan dan tanggal kelahiran pegawai yang bersangkutan. Enam digit kedua menjelaskan tentang tahun dan bulan mulai bertugas. Selanjutnya satu digit ketiga menjelaskan jenis kelamin, yakni satu (1) untuk laki-laki dan dua (2) untuk perempuan. Sementara tiga digit terakhir menjelaskan nomor urut pegawai.

Seperti disampaikan Fadeli, dengan NIP baru itu proses administrasi bagi pegawai akan semakin mudah. Misalnya penentuan masa pensiun sudah bisa diketahui dengan hanya melihat NIP. Kedepan, lanjut dia, kartu asuransi kesehatan (Askes) juga akan terus disempurnakan. Dengan dikembangkan menjadi kartu PNS elektronik (KPE) multi fungsi. Yakni tidak hanya berfungsi sebagai kartu pegawai, namun juga untuk ASKES, Bapertarum juga kepentingan PNS lainnya “Ini adalah bagian dari peningkatan pelayanan optimal untuk pegawai. Demikian pula pegawai diharapkan semakin optimal memberikan pelayanan, “ ujar dia.

Sementara terkait gaji ke-13, Fadeli katakan minggu depan sudah bisa diterimakan ke pegawai Pemkab Lamongan. “Jika sebelumnya saya katakan pencairan gaji ke-13 menunggu petunjuk dari (pemerintah) pusat. Petunjuk itu sekarang sudah turun. Sekarang tinggal masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) masing-masing untuk melengkapi administrasi pencairannya. Jika semua administrasi sudah lengkap, Insya Allah minggu depan gaji ke-13 sudah bisa dicairkan, “ ungkap Fadeli.

Saat ini Pemkab Lamongan memiliki sejumlah 12.698 PNS. Sebagian besar diantaranya adalah guru yang berada di bawah SKPD Dinas Pendidikan yakni sejumlah 5.934 orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 11 ribu diantaranya sudah menerima NIP baru. Kekurangannya akan segera dilengkapi bersama dengan dilakukannya proses koreksi jika ada kesalahan penomoran NIP baru. Sementara terkait pencairan gaji ke-13 tersebut, Pemkab Lamongan sudah siapkan anggaran sejumlah Rp 35 milyar.

Tidak ada komentar: