Rabu, 10 Juni 2009

Hat Trick Adipura

Tahun ini Kota Lamongan dipastikan kembali raih Adipura. Sebelumnya Kota Lamongan juga berhasil meraih penghargaan serupa pada 2007 dan 2008 lalu. Dengan kembali diraihnya Adipura tahun ini, berarti Kota Lamongan sukses cetak hat-trick Adipura, atau raih selama tiga kali berturut-turut.

Kepastian mendapat penghargaan lambang bagi kota yang berhasil kelola kebersihan dan lingkungan perkotaan tersebut, seperti dikatakan Sekkab Lamongan Fadeli, disampaikan melalui surat dari Kementrian Negara Lingkungan Hidup (KLH) no : B-69/Dep II/LH/06/2009 perihal Penerimaan Penghargaan Anugerah Adipura.

“Sukses Kota Lamongan raih Anugerah Adipura selama tiga tahun berturut-turut ini menunjukkan komitmen Pemkab (Lamongan) untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Peran serta kerja keras semua pihak juga tidak dapat dilepaskan dari kembali diraihnya Adipura. Mulai dari semua aparat pemerintahan, pasukan kuning dan hijau, masyarakat Kota Lamongan serta semua pihak yang telah berkomitmen untuk jaga dan terapkan budaya bersih dan sehat, “ ujar Fadeli di ruang kerjanya, Kamis (4/6).

Sesuai dengan surat tersebut, lanjut dia, Anugerah Adipura akan diserahkan pada Jum’at 5 Juni 2009 mendatang di Istana Negara jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta. “Seperti tahun sebelumnya, Piala Adipura rencananya akan diserahkan secara langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono kepada Bapak Bupati Masfuk. Semoga dengan kembali diraihnya penghargaan ini selama tiga tahun berturut-turut akan semakin membumikan Adipura. Anugerah Adipura bukan tujuan akhir, namun hanya tujuan antara untuk menjadikan masyarakat memiliki budaya dan berpola hidup bersih dan sehat, “ terang Fadeli.

Berdasar surat tersebut, bersama Kota Lamongan, ada 45 kota kategori kecil dan sedang yang mendapat Anugerah Adipura.. Untuk kategori Kota Kecil, selain Lamongan ada Kota Bangkalan/Bangkalan (Jatim), Banjarnegara/Banjarnegara (Jateng) dan Bojonegoro/Bojonegoro (Jatim) yang juga terima Adipura. Selain itu, Kota Boyolali/Boyolali (Jateng), Tuban/Tuban (Jatim) serta Wlingi/Kabupaten Blitar juga terima anugerah serupa untuk kategori kota kecil.

Sementara untuk kategori kota sedang, diantara kota penerimanya adalah Blitar/Kota Blitar (Jatim) dan Kota Cianjur/Cianjur (Jabar). Juga termasuk diantaranya Kota Cilacap/Cilacap (Jabar), Gresik (Gresik (Jatim) dan Jombang/Jombang (Jatim). Adipura ini akan semakin melengkapi prestasi Lamongan seusai terima dua Piala Otonomi Awards dari Jawa Pos Institue of Pro Otonomi (JPIP). Yakni Daerah Dengan Terobosan Paling Menonjol Bidang Pembangunan Ekonomi (grand kategori) dan Daerah Dengan Terobosan Inovatif Bidang Pemerataan Ekonomi (kategori khusus).

Tidak ada komentar: