Rabu, 10 Juni 2009

Siapkan Ruang Isolasi Flu Babi

Meski sangat kecil kemungkinan pandemi flu babi yang saat ini landa beberapa Negara di dunia akan muncul di Lamongan, tidak ada salahnya jika langkah persiapan dilakukan. Jika sampai ada warga Lamongan yang terinfeksi penyakit yeng berepisentrum di Mexico ini, RSD dr Soegiri setempat sudah siapkan satu ruang perawatan khusus untuk isolasi.

Meski bukan satu ruang khusus dengan peralatan lengkap dan canggih seperti milik rumah sakit pusat, ruang isolasi khusus bagi pasien flu babi ini setidaknya cukup memadai untuk analisis kondisi pasien. Hingga diketahui penyakit sebenarnya yang diderita, untuk kemudian dirujuk ke RSD dr Soetomo Surabaya.

“Hewan babi memang bukan hewan yang umum ada dan dikonsumsi masyarakat Lamongan yang hamper semuanya beragama Islam. Bahkan makanan olahan hewan yang diharamkan bagi muslim ini tidak ditemui di Lamongan. Namun tidak ada salahnya jika lakukan persiapan. Seperti halnya untuk kasus flu burung, RSD Soegiri juga telah siapkan ruang khusus untuk isolasi sementara bagi pasien suspect flu babi, “ terang Kabag Humas dan Infokom Lamongan Aris Wibawa, Senin (4/5).

Berbeda dengan flu burung yang belum bisa menular antar manusia, virus flu babi dengan kode H1N1 ini disebutkan bisa menular antar manusia. flu babi adalah penyakit pernapasan babi yang disebabkan virus influenza tipe A yang sering menyebabkan wabah influenza di babi. Setelah Mexico, penyakit ini mulai menyebar ke beberapa Negara seperti Amerika Serikat, Spanyol, Jepang dan terakhir di Hongkong.

Tidak ada komentar: