Kamis, 08 Januari 2009

BKSM Bakal Naik Hingga Rp 120 Ribu Persiswa



Jatah Bantuan Khusus Siswa Miskin (BKSM) di Kabupaten Lamongan pada tahun anggaran 2009 ini direncanakan sama dengan tahun lalu. Yakni untuk 4.112 siswa SMA, MA dan SMK. Meski demikan besaran bantuan tersebut direncanakan akan naik hingga Rp 120 ribu untuk setiap siswa setiap bulannya.
Sampai dengan saat ini SK alokasi BKSM Lamongan untuk tahun 2009 memang belum turun. Oleh karena itu, untuk sementara masih menggunakan acuan data BKSM yang lama yakni untuk 4.112 siswa di 61 lembaga pendidikan setingkat SMA/MA/SMK yang akan diterimakan selama 12 bulan. Besarannyapun masih dibuat sama yakni Rp 65 ribu persiswa perbulan. Sehingga total anggarannya mencapai Rp 3.207.360.000,  ungkap Kabag Humas dan Infokom Lamongan Aris Wibawa.
Namun menurut Aris, akan ada rencana kenaikan besaran dana BKSM. Yakni dari yang semula diterimakan sama Rp 65 ribu untuk siswa SMA/MASMK, menjadi Rp 90 ribu untuk siswa SMA dan Rp 120 ribu untuk siswa SMK. Sementara untuk siswa MA tetap. Karena sampai saat ini SK kenaikan besaran tersebut belum turun, Dinas Pendidikan sementara ini masih mengacu pada ketentuan yang lama. Besarnya besaran untuk siswa SMK dimungkinkan terkait dengan prioritas program Pemprop Jatim yang akan mengkonsentrasikan pada sekolah kejuruan dalam rangka menyiapkan angkatan kerja,  terangnya.
Program BKSM yang merupakan dana sharing antara APBN 40 persen, APBD Propinsi 30 persen dan APBD Kabupaten 30 persen ini sendiri pada prinsipnya dikucurkan agar jangan sampai ada siswa miskin, terutama tingkat SMA/MA/SMK, tidak bisa sekolah dengan alasan tidak ada biaya. Penyalurannya akan dilakukan lewat lembaga sekolah untuk dikelola. Peruntukannya bisa untuk pengadaan buku maupun LKS dan peningkatan mutu kegiatan belajar sekolah. bahkan kalu diperlukan, BKSM ini bisa diperuntukkan membiayai transport siswa miskin. Namun untuk uang transport, meski diperkenankan peruntukannya, sering tidak dilaksanakan karena dikhawatirkan akan terjadi kecemburuan,  tambah Aris.
Selain kenaikan besaran BKSM, besaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga kan mengalami kenaikan. Berdasar surat dari Mendiknas RI, besarannya akan naik dari Rp 21 ribu menjadi Rp 33 ribu perbulan persiswa untuk tingkat SD. Kemudian untuk tingkat SMP akan naik dari Rp 29, 5 ribu menjadi Rp 37, 5 perbulan persiswa. Sementara untuk alokasinya di Lamongan belum ditentukan

Tidak ada komentar: