Rabu, 14 Januari 2009

Distribusikan LPG 3 Kg Di 13 Kecamatan

Kebijakan pemerintah melakukan konversi minyak tanah ke LPG, dan pendistribusianya di Kabupaten Lamongan telah dilakukan di 13 Kecamatandi Kabupaten Lamongan. Sementara penerima konversi tersebut sebanyak 133.183 rumah tangga pengguna minyak tanah yang beralih ke LPG 3 Kg.

Distribusi gas LPG 3 Kg di Kabupaten Lamongan menurut Kabag Humas dan Infokom Drs. Aris Wibawa, MM (12/01) sepenihnya dilakukan oleh PT . Pertamina dan konsultan yang mereka tunjuk, sementara Pemkab hanya membantu kelancarannya saja. Selain itu, masih ada 14 Kecamatan lagi yang sedang melalui proses perhitungan penerima LPG.

Rencananya,kata Aris, pencacahan dan pendistribusian tabung LPG 3 KG di Kabupaten Lamongan harus tuntas pada bulan Mei 2009. ” Sampai saat ini telah dilakukan Penarikan jatah distribusi minyak tanah sampai 100 % oleh PT. Pertamina di 6 Kecamatan yang telah selesai mendistribusikan tabung LPG. Sedangkan Kecamatan lain masih mendapat jatah minyak tanah sama seperti semula,” ungkapnya.

PT. Pertamina dalam pendistribusian tabung gas LPG 3 Kg dibantu konsultan dan perangkat Kecamatan sampai desa masing-masing. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lamongan/ Bagian perekonomian bersifat memantau, karena itu setiap bulan akan ada laporan dari konsultan yang menangani perhitungan penerimanya yang akan segera dilakukan dan diferivikasi oleh konsultan. Masyarakat Kabupaten Lamongan diharap sabar menunggu sampai tabung terdistribusikan. Karena Pendistribusian tersebut ditargetkan selesai pada Bulan Mei ini serentak sampai di 27 Kecamatan di Kabupaten Lamongan.

Dari pendistribusian tabung LPG 3 Kg ini diharapkan, masyarakat memanfaatkan sepenuhnya fasilitas dari pemerintah tersebut. Bagaimanapun juga, pemakaian LPG lebih hemat dari pada menggunakan minyak tanah. Sampai saat ini harga minyak tanah di pasaran masih senilai Rp. 5000,- per liternya dan gas LPG 3 Kg senilai Rp.14.000,-per tabungnya.selanjutnya, pada bulan Bulan Juni mendatang setelah seluruh konversi, dan pembagian tabung telah terselesaikan seluruhnya PT. Pertamina akan melakukan penarikan minyak tanah 100 persen. Sehingga dengan sendirinya seluruh pangkalan minyak tanah yang ada menjadi pangkalan LPG.

Tidak ada komentar: