Senin, 05 Januari 2009

Peringati Hari Ibu, Masfuk Tekankan Kesetaraan Gender

Empat hari besar nasional yakni Hari Ibu, hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, hari Kesatuan Gerak PKK dan hari Himpunan Penderita Cacat (Himpenca), di Kabupaten Lamongan diperingati dengan upacara bendera, Senin (22/12) di alun-alun setempat. Sesuai dengan momen hari ibu, seluruh petugas upacara adalah kaum hawa.
Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Masfuk yang pada kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Menteri Negara Pemberdayaan Wanita Mutia Hatta Swasono menghimbau agar seluruh komponen masyarakat tetap merawat komitmen untuk menghilangkan diskriminasi gender di berbagai bidang pembangunan. Menurutnya dengan pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender dapat menciptakan Indonesia yang lebih adil, demokratis, aman dan sejahtera.
Jumlah perempuan yang hampir setara dengan kaum laki-laki, katanya, merupakan potensi dan asset pembangunan yang tidak boleh disia-siakan. Kaum perempuan memiliki modal social yang perlu terus ditingkatkan agar selalu dinamis, partisipatif dan aktif dalam berbagai kehidupan, ujarnya.
Saat ini, lanjutnya, penting untuk melihat perempuan Indonesia sebagai subyek pembangunan yang meiliki kesempatan dan hak serta kewajiban yang sama dengan kaum laki-laki. Untuk dapat mengambil peran dalam pembangunan, katanya, kaum perempuan perlu terus meningkatkan kualitas pengetahuan, ketrampilan profesionalisme serta terus mengembangkan diri. Hal tersebut perlu dilakukan perempuan agar dapat berkiprah sebagai mitra sejajar dengan kaum laki-laki di dalam setiap elemen dan komponen masyarakat, tambahnya.
Pada kesempatan tersebut Masfuk didampingi Wakil Bupati Tsalits Fahami, Muspida serta Sekda Fadeli menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penyandang cacat berupa seperangkat alat menjahit, dan sembako kepada panti asuhan di Lamongan.
Sementara itu, ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lamongan Ny. Endang Riyanti Masfuk juga menyerahkan bantuan dari YLGN-OTA kepada anak asuh yang berasal daerah pasca banjir dan penghargaan kepada 3 (tiga) kader PKK kecamatan berprestasi yang telah mengabdi selama 15 tahun di PKK diantaranya Ny. Sulamsih dari kecamatan Sukorame, Ny. Endar Kuswari dan Ny. Evi Yuliani keduanya dari Kecamatan Sambeng.

Tidak ada komentar: