Rabu, 28 Januari 2009

Tutup Playang, Harapan Rejeki Saat Melaut Lagi

Malam kemarin, rukun nelayan Kecamatan Brondong gelar prosesi Tutup Playang di Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong. Prosesi yang dimasa kini sudah ganti diisi dengan ceramah agama tersebut, merupakan perwakilan dari harapan nelayan di wilayah pantura Lamongan agar pada saat kembali datang musim melaut mendatang, akan kembali dilimpahi rejeki tangkapan yang menggembirakan.

Wakil Bupati Lamongan Tsalits Fahami saat membuka prosesi tersebut menyampaikan pentingnya memperhatikan daya dukung laut dan pesisir serta kelestarian ekosistemnya disamping melakukan pengembangan potensi sumberdaya laut. “Sangatlah dibutuhkan suatu kebijakan dan kearifan kita bersama demi terjalinnya hubungan yang harmonis dengan alam dan semua lini, “ kat dia.

“Menurut penelitian, keberadaan stok biomas ikan di perairan laut kita saat ini sudah tidak sepadan dengan jumlah alat tangkap yang dimiliki para nelayan. Oleh karena itu dukungan dan fasilitas pemerintah daerah akan terus ditingkatkan dalam rangka mendorong para nelayan kita untuk memperluas jangkauan area wilayah penangkapan hingga ke laut lepas. Selian itu, upaya pelestarian sumberdaya alam, hutan mangrove, terumbu karang dan padang lamun sebagai pendukung stok biomas di laut akan terus ditingkatkan, “ ungkapnya.

Upaya tersebut, dicontohkan Tsalits, seperti dengan penambahan lagi 150 unit rumpon laut yang sebelumnya sudah tersebar sejumlah 100 unit rumpon laut mulai dari lohgung sampai weru kompleks. Selain itu, kata dia, juga telah dibangun break water (pemecah gelombang), bantuan jarring nelayan, pendalaman tambat labuh, perbaikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) serta saranan Bantu tangkap seperti Global Positioning System (GPS).

Turut serta dalam kegiatan tersebut Asisten Ekonomi Pembangunan Djoko Purwanto, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Lamongan Mustakim Arif, Kadinas Kebudayaan dan Pariwisata Suwadji bersama Ketua HNSI Lamongan. Ceramah agama itu diisi oleh KH Ali Shulton Muhajir dari Bojonegoro. Sementara Tutup Playang yang akan berlangsung hingga tiga hari tersebut nanti akan ditutup dengan pagelaran wayang semalang suntuk.

Tidak ada komentar: