Selasa, 06 Januari 2009

Juara MQK Nasional Terima Beasiswa Hingga S3

Berbagai penghargaan dan tali asih kemarin diberikan seusai upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Departemen Agama ke 63 di Alun-alun Kota Lamongan (Sabtu, 3/1). Diantaranya pemberian beasiswa hingga S3 kepada Inayatus Sholihah, santriwati Ponpes Matholi'ul Anwar Karanggeneng yang menjadi juara nasional Muabaqoh Qiro"atul Kutub (MQK) III bidang tafsir tingkat ulya, di Banjarbaru Kalimantan Selatan pada 1 -5 Desember lalu.
Selain itu, pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan perangkat hisab dan rukyat dari Depag RI pada Badan Hisab dan Rukyat Lamongan senilai Rp 150 juta dan bantuan seperangkat komputer juga dari Departemen Agama atas prestasi Unit Pengumpul Zakat Kandepag Lamongan. Juga diserahkan bibit secara simbolis oleh Bupati Lamongan Masfuk pada Kakandepag Lamongan dalam rangka penanaman produktif sebanyak 10 ribu batang pohon.
Sementara Masfuk saat membacakan sambutan Menteri Agama RI mengajak untuk melakukan refleksi terhadap tuntutan kesejarahan dan kesanggupan bersama secara jujur dan ikhlas untuk melakukan evaluasi kritis terhadap posisi dan peran institusi.
"Kita perlu makin menyadari, bahwa tantangan pembangunan agama dewasa ini semakin kompleks dan mendasar. Kita tengah menghadapi terjadinya perubahan peta kehidupan keagamaan akibat perkembangan pendidikan dan pertumbuhan bidang keilmuan serta gencarnya arus pertemuan persentuhan budaya dan corak pemikiran keagamaan. Kompleksnya permasalahan itu berimplikasi pula pada tidak sederhananya tantangan dan tuntunan peran yang harus dijalankan Departemenh Agama, " tutur dia.

Tidak ada komentar: