Senin, 19 Januari 2009

Daftarkan Tiga Sekolah Diajang Piala Adiwiyata

Tahun ini Lamongan memilih tiga sekolah untuk mengikuti Penghargaan Adiwiyata yang merupakan apresiasai yang diberikan kepada sekolah yang dinilai peduli dan berbudaya lingkungan itu. Ketiga sekolah tersebut adalah SD Negeri Made 3, SMP Negeri 2 Lamongan dan SMA Negeri 1 Mantup.

Bagi Lamongan ini adalah kali ketiga keikutsertaannya dalam ajang piala Adiwiyata. Menurut Kepala Badan Lingkngan Hidup Luluk Suprapti mengatakan peluang Lamongan sangat berat. Karena salah satu penilaian bahwa di lembaga sekolah tersebut harus ada pengembangan kurikulum berbasis lingkungan hidup, sedangkan di Lamongan syarat ini belum bisa dipenuhi oleh lembaga pendidikan di Lamongan.

Belum adanya kurukulum tersebut menyebabkan keikutsertaan lembaga sekolah di Lamongan yang sudah mengikuti kali ke tiga sampau sekarang belum mendapatkan prestasi. di Lamongan, masih selama ini kurikulum muatan lokalnya sebagian besar berjalan pada basis penguatan bahasa. Baik bahasa daerah maupun asing seperti bahasa Mandarin. 'Namun kita tetap optimis. SMAN 1 Mantup saat ini sudah merintis untuk memiliki kurikulum berbasis lingkungan hidup, ' ujar Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan Aris Wibawa.


Yang perlu diperhatiakan pada penilaian piala Adiwiyata ini meliputi kebijakan sekolah, pengembangan budaya peduli lingkungan dan pengembangan kurikulum lingkungan hidup. Selain itu dilengkapo pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan pengembangan serta pengelolaan sarana dan prasarana.

Tidak ada komentar: