Selasa, 06 Januari 2009

Stok PMI Aman

Bulan desember tahun 2008 ini stok darah di PMI Unit Lamongan masih aman, yakni masih sebanyak 40 kantung darah. Dari kebutuhan sebesar 634 kantung untuk kebutuhan penyakit internis ( suplai penyakit dalam), bedah dan melahirkan. PMI sampai saat ini mendapatkan darah dari donor sukarela, donor keluarga.

Menurut Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Lamongan Drs. Aris Wibawa, MM mengatakan (30/12), dari 40 kantung darah tersebut jenis darah O sebanyak 31 kantung, jenis darah AB sebanyak 1 kantung, jenis darah A sebanyak 7 kantung, dan jenis B sebanyak 1 kantung.

“ Sementara unit mobil keliling PMI sendiri sampai saat ini paling potensial mendapatkan darah. Laporan bulan desember PMI mencatat, unit mobil keliling PMI mendapat 242 kantong darah. Hasil tersebut didapatkan dari sekolah-sekolah dan instansi yang didatangi mobil keliling PMI yang telah dijadwal. Selebihnya kantung darah didapatkan dari UTD/ unit transfuse darah Surabaya, “ terang Aris

Dikatakan Aris, PMI telah memiliki jadwal untuk kegiatan donor darah, yang telah disesuaikan dengan sekolah dan instansi yang terdaftar. Ada sedikitnya unit mobil keliling PMI, melakukan donor darah sebanyak 4 kali dalam seminggu.

Sampai saat ini PMI unit Lamongan masih sebagai pemasok darah untuk penyakit Internis seperti, hepatitis, anemia, melahirkan, dan bedah. Namun banyak juga keluarga pasien yang membutuhkan darah, mau menyumbangkan darahnya guna memenuhi kebutuhan darah pasien.

Lebih lanjut Aris mengatakan, terkait stok darah yang dimiliki PMI jumlah penderita demam berdarah yang biasanya membutuhkan tranfusi darah, bulan ini sebanyak 52 orang, dan diduga 13 orang DB. Adapun korban meninggal sebanyak 4 orang, dari 4 Kecamatan yaitu, Lamongan, Karangbinangun, Sukodadi, dan Kecamatan Karanggeneng.

Tidak ada komentar: